Assalamulaikum wr wb
udah lama ga posting, sekarang kita update lagi yu
disini saya akan membahas Pengertian / Definisi Strategi Bisnis langsung aja deh tanpa bnyak basa
basi ^_^
Definisi
strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa
berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk,
penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture
(David, p.15, 2004).
Pengertian
strategi adalah Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang
menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang
dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai
melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi (Glueck dan Jauch, p.9, 1989).
Pengertian
strategi secara umum dan khusus sebagai berikut:
1. Pengertian
Umum
Strategi adalah
proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka
panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar
tujuan tersebut dapat dicapai.
2. Pengertian
khusus
Strategi merupakan
tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus,
serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para
pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari
apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya
kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan
kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti
di dalam bisnis yang dilakukan.
Menurut
Pandangan Saya
Strategi bisnis
adalah sebuah dokumen yang jelasmengartikulasikanarah bisnis akan mengejar dan
langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuannya. Dalam rencana bisnis
standar, hasil strategi bisnis daritujuan dibentuk untukmendukung misi lain
dari bisnis. Sebuah strategi bisnis yangkhas dikembangkandalam tiga langkah:
analisis, integrasi dan implementasi.
Pada tahap analisis
pengembangan strategi bisnis, salah satu dari beberapa metode yang digunakan
untuk menganalisis pasar perusahaan, sumber daya,hambatan untuk kesuksesan dan
keuntungan tertentu. Tujuan dari analisis strategisadalah untuk
mengidentifikasi apa bisnis ingin capai, kekuatan itu dapat
membawamenanggungpada mencapai tujuan dan kelemahan yang perlu ditangani
sebelumintegrasi danimplementasi. Metodologi penilaian Strategis dapat termasuk mengevaluasi lingkungan bisnis.
oke deh sekian dulu dari saya ^_^
sekian dan terima kasih ^_^
Waalaikum salam wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar