Jumat, 18 Oktober 2013

Pengertian / Definisi Strategi Bisnis


Assalamulaikum wr wb
udah lama ga posting, sekarang kita update lagi yu
disini saya akan membahas Pengertian / Definisi Strategi Bisnis langsung aja deh tanpa bnyak basa
basi ^_^

Definisi strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture (David, p.15, 2004).


Pengertian strategi adalah Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi (Glueck dan Jauch, p.9, 1989).

Pengertian strategi secara umum dan khusus sebagai berikut:

1. Pengertian Umum


Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.


2. Pengertian khusus


Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.




Menurut Pandangan Saya

Strategi bisnis adalah sebuah dokumen yang jelasmengartikulasikanarah bisnis akan mengejar dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuannya. Dalam rencana bisnis standar, hasil strategi bisnis daritujuan dibentuk untukmendukung misi lain dari bisnis. Sebuah strategi bisnis yangkhas dikembangkandalam tiga langkah: analisis, integrasi dan implementasi.

 

Pada tahap analisis pengembangan strategi bisnis, salah satu dari beberapa metode yang digunakan untuk menganalisis pasar perusahaan, sumber daya,hambatan untuk kesuksesan dan keuntungan tertentu. Tujuan dari analisis strategisadalah untuk mengidentifikasi apa bisnis ingin capai, kekuatan itu dapat membawamenanggungpada mencapai tujuan dan kelemahan yang perlu ditangani sebelumintegrasi danimplementasi. Metodologi penilaian Strategis dapat termasuk  mengevaluasi lingkungan bisnis.

oke deh sekian dulu dari saya ^_^
sekian dan terima kasih ^_^
Waalaikum salam wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar