Selasa, 07 Agustus 2012

DBMS (DataBase Management System) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.Pada pendekatan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistem didasarkan pada kebutuhan individual pemakai, bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai. Setiap kali terdapat kebutuhan baru dari seorang pemakai, kebutuhan segera diterjemahkan kedalam program komputer. Akibatnya, kemungkinan besar setiap program aplikasi menuliskan data tersendiri. Sementara itu ada kemungkinan data yang sama juga terdapat pada berkas-berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.

Fungsi ( Kegunaan ) DBMS:
 1. Penyimpanan, pengambilan dan perubahan dataSebuah DBMS harus menyediakan kemampuan menyimpan, mengambil dan merubah data dalam basis data. 
2. Katalog yang dapat diakses pemakaimenyediakan sebuah katalog yang berisi deskripsi item data yang disimpan dan diakses oleh pemakai. 
3. Mendukung TransaksiMenyediakan mekanisme yang akan menjamin semua perubahan yang berhubungan dengantransaksi yang sudah ada atau yang akan dibuat.
 4. Melayani kontrol concurrencySebuah DBMS harus menyediakan mekanisme yang menjamin basis data ter-update secara benar pada saat beberapa pemakai melakukan perubahan terhadap basis data yangsama secara bersamaan. 
5. Melayani recoveryMenyediakan mekanisme untuk mengembalikan basis data ke keadaan sebelum terjadinya kerusakan pada basis data tersebut. 
6. Melayani autorisasiSebuah DBMS harus menyediakan mekanisme untuk menjamin bahwa hanya pemakai yangberwenang saja yang dapat mengakses basis data. 
7. Mendukung komunikasi dataSebuah DBMS harus mampu terintegrasi dengan software komunikasi. 
8. Melayani integritySebuah DBMS bertujuan untuk menjamin semua data dalam basis data dan setiap terjadi perubahan data harus sesuai dengan aturan yang berlaku. 
9. Melayani data independenceSebuah DBMS harus mencakup fasilitas untuk mendukung kemandirian program dari struktur basis data yang sesungguhnya. 
10. Melayani utilitySebuah DBMS sebaiknya menyediakan kumpulan layanan utility

Tidak ada komentar:

Posting Komentar